Friday, July 18, 2014

Nastar (Indonesian Pineapple-filled Cookies)


Nastar or pineapple-filled cookie is one of the classic popular cookies in Indonesia.  You will see it everywhere during Chrismast, Chinese New Year, and Eid-al-Fitr.  And for me, Eid-al-Fitr is not complete without this Nastar cookies.  It has to be there, available on every table of every person's house.


Nastar is a small cookies filled with pineapple jam and quite simple to make.  I might say that the majority of the work is on making pineapple jam.  Making pineapple jam is really time consuming. It takes few hours to cook it to the consistency where you can wrap it with the dough.  If you’re planning to make Nastar, I suggest you make the filling a day before or a week before.  You can keep the jam in refrigerator for  a few weeks or even months in the freezer.


This cookies has always been a favorite amongst my family members and usually gone very fast in the stomach because it’s so delicious.  If you’re a fan of the super crumbly and melt-in-your-mouth texture, this is the recipe for you.




Nastar (Indonesian Pineapple-filled Cookies)
For Recipe in Indonesian click HERE

Pineapple jam:


·         1 large pineapple (or  2 small pineapples) peeled and rub with some salt and then wash with clean water. Slice and blend with the blender until you get a smooth mixture
·         200g caster sugar
·         ½ tsp salt
·         5 cloves
·         1 stick cinnamon




Mix all ingredients and put them in a saucepan and let it simmer with low heat for few hours.  Stir it occasionally until you get dry and thick mixture.  Shape into small balls and place on baking paper-lined tray.  Cover with plastic wrap and freeze until needed.


Egg wash:
·         2 egg yolks
·         1 tsp milk
·         1 tsp honey

Mix together all ingredients in a small bow.  Make sure the honey is dissolved well and the mixture is no longer lumpy.

For  the cookies:


·         200g unsalted butter
·         250g all-purpose flour
·         60g powdered sugar
·         30g cornflour
·         20g milk powder
·         2 egg yolks

Directions:
1.       Using a whisk or spatula, mix butter, sugar, and egg yolks until soft and light.


2.       Add the dry ingredients (both flours and milk powder) and mix until  fully incorporated. If the mixture too wet, add some flour.
3.       Cover the dough and refrigerate for about 30 minutes until firm.
4.       Preheat oven to 300 degrees F (150 degrees C). Line several cookie sheets with parchment.


5.       Roll the dough into 1-inch balls. Make a depression in the center of each ball and fill with pineapple jam filling.  Pinch the edges of the dough back around the filling, and turn seam side down. Place on baking trays  about 2 inches apart.


6.       Bake for 15 minutes, take it out. Brush the tops of each cookie with egg wash and bake for another 15 minutes until shiny and golden.  Cool on wire racks.


Selai nanas:


·         1 buah nanas ukuran besar (atau 2 buah nanas ukuran kecil)ecil dan haluskan denganmenggunakan blender.
·         200g gula pasir
·         ½ sdt garam
·         5 butir cengkeh
·         1 batang kayumanis


Masak nanas, cengkeh, dan kayumanis hingga airnya menyusut.  Masukkan gula dan garam, masak kembali hingga matang dan mengental.  Angkat dan dinginkan.  Bentuk menjadi bola-bola kecil. Tutup dengan plastic wrap dan simpan dalam lemari pendingin sampai siap digunakan.

Bahan Olesan:
·         2 kuning telur
·         1 sdt susu
·         1 sdt madu

Campur semua bahan.  Pastikan madu larut sempurna dan tidak menggumpal.

Adonan kue:


·         200g mentega tawar
·         250g tepung terigu serbaguna
·         60g gula tepung
·         30g maizena
·         20g susu bubuk
·         2 kuning telur

Cara:


1.       Dengan menggunakan whisk atau spatula, campur dan aduk mentega, gula, dan kuning telur hingga lembut.
2.       Masukkan bahan kering (terigu, maizena, dan susu bubuk) dan aduk hingga bercampur.  Jika adonan terlalu basah, tambahkan sedikit terigu. 
3.       Tutup adonan dan simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit.
4.       Panaskan oven dengan suhu 300 derajat F (150 derajat C).  Siapkan loyang yang telah diolesi mentega atau dialasi kertas roti.
5.       Ambil adonan dan buat bulatan dengan diameter sekitar 1 inch.  Pipihkan dan isi dengan selai nanas. Bulatkan kembali adonan sehingga selai nanas tertutup.  Letakkan di atas loyang yang telah disiapkan.
6.       Panggang selama 15 menit kemudian keluarkan.  Oles permukaan kue dengan bahan olesan dan panggang kembali selama 15 menit hingga matang. 





18 comments:

  1. Hi dana, can i use cheese for filling? If yes, could u tell me about it? What kind of cheese & how many cheese should i use , how to put it inside cookies?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ashlee, sorry for the late reply. You can use any cheddar cheese (shredded or spreadable) for filling. The method is similar, use 1/2 to 1 tsp cheese filling as a substitute for every pineapple jam ball. Good luck!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hello, could you tell me how long I can keep these cookies? Shall I keep them in the refrigerator or at room temperature?
    Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. If you put them in air-tight container and dry place, you can keep these cookies up to 2 weeks at room temperature, and up to 2 months in the refrigerator.

      Delete
  4. Hi Dana, is there any subtitution for the corn flour?

    ReplyDelete
    Replies
    1. You can skip the corn flour and substitute it with all-purpose or cake-flour, but it is advisable since corn flour makes the nastar more crumblier when you eat them.

      Delete
  5. Hi Dana, why is the dough doesn't smooth out when I try to make it into ball, and it cracks? Comments are much appreciated. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. In addition, when I bake it in the oven, does it spreads out? Mine spreads a lot, any possible reasons? Thanks.

      Delete
  6. Such a nice and delicious cookies by the author really that it is really delicious to eat keep it up.


    Online Birthday Cake Delivery Website (^ _ ^)
    Gift Delivery Website n Indonesia (=^.^=)

    ReplyDelete
  7. Thank you for sharing the recipe! It's really good:)

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6 / 6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari Rika Anderson lender di facebook dan blog
    .

    Saya putuskan untuk melamar di bawah rekomendasi dan kesaksian Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di Akun MAYBANK sejumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini benar-benar berita bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan hewan Pertanian dan biaya sekolah anak-anak. Saya menasihati setiap orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa rasa takut untuk mengajukan melalui mereka

    email rikaandersonloancompany@gmail.com
    Perusahaan WA + 1323-689-3663

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji kepada ibu Rika untuk juga membawa nasabah serius yang membutuhkan pinjaman agar mereka bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut tentang
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta
    Tanggal: 2 September 2020

    ReplyDelete
  9. Do you need Finance? Are you looking for Finance? Are you looking for finance to enlarge your business? We help individuals and companies to obtain finance for business expanding and to setup a new business ranging any amount. Get finance at affordable interest rate of 3%, Do you need this finance for business and to clear your bills? Then send us an email now for more information contact us now via (financialserviceoffer876@gmail.com) whats-App +918929509036 Dr James Eric Finance Pvt Ltd Thanks

    ReplyDelete
  10. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  11. BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI

    Halo teman-teman sekalian, saya Kuwat Wibawa, saat ini tinggal di Surabaya. Saat ini saya seorang janda dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada April 2020 dan saya perlu membiayai kembali. bayar tagihan saya dan perbesar bisnis. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, jangan menjadi mangsa para penjahat di luar sana yang menyebut diri mereka pemberi pinjaman uang, mereka semua scam, yang mereka inginkan hanyalah uang Anda dan Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya lebih dari dua kali sebelum saya bertemu dengan Nyonya Helen Wilson. Setelah ditipu sebesar Rp 16 juta oleh para scammer, saya semakin terlilit hutang dan saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman.

    Jadi saya berdiskusi dengan teman saya Asmaul, dia adalah seorang Perawat dan memiliki pengalaman serupa. Dia kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan tersebut. Teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, saya memberanikan diri dan menghubungi Bu Helen, mengisi formulir aplikasi pinjaman. Semuanya berjalan lancar dan yang paling menarik adalah pinjaman saya ditransfer kepada saya dalam waktu 24 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Ibu Helen jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayar kembali. hubungi dia melalui email ……… (helenwilson719@gmail.com) atau melalui WhatsApp; +1-585-326-2165. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada cosigner dengan hanya suku bunga 2% dan rencana pembayaran kembali yang lebih baik dan jadwal jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan kemudian hubungi Ny. Helen Wilson hari ini untuk pinjaman pasti Anda, dijamin 100%.

    Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka

    Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun)
    Pinjaman jangka panjang (20_40)
    Pinjaman berjangka media (10_20)
    Mereka menawarkan pinjaman seperti
    Pinjaman perumahan ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman mobil .......
    Pinjaman pelajar .........., Pinjaman awal .......
    Pinjaman Real Estat ......., Pinjaman Perusahaan ....... dll
    Email .......... helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165
    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka Helen Wilson keuangan adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya saya Tuan Kuwat Wibawa mengarahkan Anda dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya (kuwatwibawa1@gmail.com)

    ReplyDelete